Sabtu, Mei 25, 2024

5 Hal Yang Perlu Diwaspadai Saat Memiliki Banyak Uang

- Advertisement -

BACA JUGA

- Advertisement -

KITATAHU.ID, Jakarta – Banyak orang mengatakan kalau masalah bisa dengan gampang diatasi dengan uang. Dari pandangan tersebut, membuat kita melihat seolah-olah uang adalah segalanya.

Saat kita berpikir seperti itu, secara tidak langsung perhatian kita hanya fokus untuk terus mencari uang. Tanpa kita sadari, sebenarnya sesuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik. Apalagi dalam hal ini, mungkin akan menimbulkan banyak masalah.

- Advertisement -

Tetapi jika kita bisa mengontrol hasrat tentang uang, mungkin bisa saja uang tersebut menjadi berkah.

Nah apa saja masalah yang akan ditimbulkan jika kita berlebihan memiliki hasrat tentang uang ?

- Advertisement -

1. Gaya hidup kita akan terlampau tinggi.

Di zaman yang berkembang dengan sangat cepat saat ini, selalu saja ada hal atau tren yang baru. Bagi mereka yang mengikuti sebuah tren, tentu bersiap saja untuk mengeluarkan materi yang cukup banyak.

Keinginan untuk membeli sesuatu ini akan meningkat. Jika kita memiliki banyak uang, maka hal itu pun dengan gampang terpenuhi.

Baca Juga  Ini Langkah Untuk Meningkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma
- Advertisement -

Mengikuti tren sama saja dengan membuat diri kita selalu tidak merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki.

2. Kemampuan pengelolaan uang yang buruk.

Jika kita mampu mengelola uang dengan baik, mungkin hal ini tidak menjadi masalah. Tetapi jika kita tidak mampu mengelola uang yang kita punya, meskipun punya banyak uang, bisa saja kita tidak menikmati hasilnya.

(pengelolaan keuangan yang baik akan membuat finansial teratur)

Semisal saja saat punya banyak uang, lantas kita dengan gampangnya membeli barang yang ingin dimiliki tanpa memikirkan apakah barang tersebut berguna bagi kita atau tidak.

Maka dari itu, kita perlu mengelola keinginan dan materi kita dengan baik. Tak jarang banyak orang menggunakan jasa pengatur keuangan untuk membantu dalam mengelola keuangan.

Baca Juga  5 Lagu Anak dan Cara Untuk Menghidupkan Stimulus Belajar Berbicara

3. Pendapatan yang banyak, pajak pun tinggi.

Hal ini yang harus diketahui oleh tiap orang. Banyak orang memimpikan memiliki pekerjaan dengan pendapatan yang tinggi, tetapi tidak banyak yang tahu tentang pajak yang mesti dibayarkan akan hal itu.

Dalam peraturan UU no 36 tahun 2008 besaran penghasilan dihitung mulai dari 5% untuk penghasilan sampai dengan 50 juta rupiah, 15% untuk penghasilan sampai 250 juta rupiah, 25% jika penghasilan 500 juta rupiah dan diatasnya dikenakan pajak 30%.

Belum lagi jika kita memiliki aset lain seperti mobil, rumah, dan lainnya.

4. Rawan kejahatan.

Dengan banyak uang yang dimiliki, pasti akan banyak resiko terutama kejahatan pencurian. Pencurian tidak hanya terjadi saat dijalan atau perampokan dirumah, tetapi secara online pun bahaya ini masih mengintai kita.

Baca Juga  Kalahkan Rusia, Denmark Maju ke Babak 16 Besar EURO 2020

Sudah banyak kasus di berita tentang pencurian uang dengan virtual, bahkan pembobolan bank secara online.

Hal ini yang perlu kita waspadai.

5. Sering dimanfaatkan orang lain hingga menjadi korban penipuan.

Banyak uang memang asik, tetapi akan membuat masalah saat kita tidak hati-hati dalam menggunakannya. Apalagi saat kemampuan finansial kita diketahui oleh teman, kerabat bahkan keluarga.

Mereka yang mengetahui tentang hal itu, tak jarang untuk mendekati kita dengan niat memanfaatkan. Bahkan sampai berniat menipu demi mendapatkan uang dari hasil jerih payah kita.

Dilain hal, mungkin ada juga yang berniat meminjam. Tapi saat ditagih, orang yang dipinjami malah kabur atau bahkan marah-marah balik. Hal ini pun akan membuat kita canggung hingga silaturahmi kita jadi renggang.

Memiliki uang yang banyak memang tidak salah, bahkan patut disyukuri akan hal tersebut. Hanya saja kita perlu kemampuan dalam mengelola apa yang kita punya agar tidak terjadi hal-hal seperti yang dijelaskan diatas.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest article

Stres Akibat Perang di Gaza, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri

KITATAHU.ID, Ashkelon - Seorang tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) menembak rekannya sendiri usai mengalami mimpi buruk imbas berperang di Jalur Gaza selama lebih dari...

Mahasiswa Aceh “Usir” Pengungsi Rohingya, Korlap Aksi: Kami Minta Imigrasi Deportasi Mereka

KITATAHU.ID, Aceh - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak pengungsi Rohingya di tanah rencong.  Mulanya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor...

Tantangan Era Digital 5.0

KITATAHU.ID - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membawa perubahan besar dengan begitu cepat dalam...

Prasejarah dan Geografis Terbentuknya Nusantara

KITATAHU.ID - Dahulu Nusantara terbentuk dari dua ujung Superbenua Pangaea di zaman Mesozoikum sekitar 250 juta tahun lalu, namun bagian dari lempeng benua yang...

Ini Alasan Tedong atau Kerbau Lebih Mahal Dibanding Sapi

KITATAHU.ID - Tedong atau lebih umumnya dikenal sebagai Kerbau. Di daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Kerbau dipercaya sebagai kendaraan bagi arwah menuju Puya (akhirat). Maka dari...
- Advertisement -