Sabtu, April 13, 2024

Moh Hatta, Sosok Sederhana Yang Punya Banyak Ide

- Advertisement -

BACA JUGA

- Advertisement -

KITATAHU.ID, Medan – Mohammad Hatta adalah Wakil Presiden pertama yang mendampingi Ir Soekarno di titik kemerdekaan Indonesia. Beliaupun dikenal sebagai sang proklamator saat itu.

Pengetahuan beliau begitu luas yang dibuktikan dengan seringnya beliau dicari untuk berdiskusi tentang masa depan Indonesia yang memiliki ragam suku, budaya dan agama.

- Advertisement -

Mohammad Hatta pernah berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia mencapai kemerdekaannya. Begitu semangat beliau berjuang bersama pejuang lain untuk memerdekakan Indonesia.

Baca Juga  Propaganda di Balkan Dan Akhir dari Perang Dunia 1

- Advertisement -

Dengan kemampuan diplomatiknya dan kecerdasannya, Indonesia kini merasakan bebasnya dari zaman penjajahan dan kolonialisasi Belanda.

Mohammad Hatta menikah dengan Ibu Siti Rahmiati di usia 43 tahun, dengan mas kawinnya berupa buku karyanya sendiri yang berjudul ‘Alam Pikiran Yunani’ yang beliau buat di Banda Neira saat masa pengasingan.

Baca Juga  Tradisi Perayaan Tahun Baru Sejak Zaman Dahulu

- Advertisement -

(Mohammad Hatta bersama Siti Rahmiati Hatta)

Setelah mengundurkan diri dari Wakil Presiden, beliau hidup dengan kesederhanaan hingga diceritakan saat itu kehidupan beliau kritis. Sampai pada kisah Mohammad Hatta kesulitan membayar uang tagihan listrik.

Walau kehidupannya yang sulit, beliau sering membantu orang-orang yang membutuhkan bantuannya.

Mohammad Hatta adalah sosok cerdas yang tak pernah lepas dari buku-bukunya. Keseharian beliau diisi dengan menulis dan membaca.

Baca Juga  Indonesia Merdeka dengan Indonesia Raya Karya WR Soepratman. Begini Liriknya

Kisah Mohammad Hatta pernah berkeinginan untuk membeli sepasang sepatu Bally yang sangat beliau idamkan. Namun karena keuangan yang belum mencukupi, guntingan iklan sepatu tersebut hanya dipajangnya.

Hingga pada akhir hayat beliau, belum sempat memiliki barang idamannya tersebut.

Itulah Mohammad Hatta. Sosok pemikir cerdas dan sederhana. Sosok yang sangat dihormati sebagai pahlawan Indonesia.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest article

Stres Akibat Perang di Gaza, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri

KITATAHU.ID, Ashkelon - Seorang tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) menembak rekannya sendiri usai mengalami mimpi buruk imbas berperang di Jalur Gaza selama lebih dari...

Mahasiswa Aceh “Usir” Pengungsi Rohingya, Korlap Aksi: Kami Minta Imigrasi Deportasi Mereka

KITATAHU.ID, Aceh - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak pengungsi Rohingya di tanah rencong.  Mulanya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor...

Tantangan Era Digital 5.0

KITATAHU.ID - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membawa perubahan besar dengan begitu cepat dalam...

Prasejarah dan Geografis Terbentuknya Nusantara

KITATAHU.ID - Dahulu Nusantara terbentuk dari dua ujung Superbenua Pangaea di zaman Mesozoikum sekitar 250 juta tahun lalu, namun bagian dari lempeng benua yang...

Ini Alasan Tedong atau Kerbau Lebih Mahal Dibanding Sapi

KITATAHU.ID - Tedong atau lebih umumnya dikenal sebagai Kerbau. Di daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Kerbau dipercaya sebagai kendaraan bagi arwah menuju Puya (akhirat). Maka dari...
- Advertisement -