Kamis, Februari 22, 2024

Mengenal Metaverse serta Kelebihan dan Kekurangannya

- Advertisement -

BACA JUGA

- Advertisement -

KITATAHU.ID – Metaverse adalah dunia virtual dimana setiap orang bisa saling terhubung dan bisa menjelajah dengan pengguna internet lainnya meskipun tidak berada di dalam ruang fisik yang sama.

Istilah Metaverse ini pertama kali diungkap melalui novel fiksi Neal Stephenson pada tahun 1992 yang berjudul Snow Crash.

- Advertisement -

Dalam novel tersebut, manusia yang disebut sebagai avatar dapat berinteraksi satu sama lain dalam ruang virtual tiga dimensi yang menggunakan metafora dunia nyata.

Teknologi Metaverse saat ini telah digagas oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Google, Binance, Microsoft dan banyak lagi.

Baca Juga  Tantangan Era Digital 5.0
- Advertisement -

KELEBIHAN

Hal ini dikarenakan teknologi ini akan membawa dampak besar kedepannya dengan beberapa kelebihan seperti,

- Advertisement -

1. Berinteraksi dan bersosialisasi tanpa batas

Hadirnya Metaverse yang bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah tentu akan membuat proses sosialisasi semakin bebas dan luas.

2. Banyak hal yang dapat dilakukan

Pengguna dapat melakukan pekerjaan, pertemuan, kontak sosial hingga bermain dalam dunia Metaverse.

3. Berinvestasi dan bertransaksi

Baca Juga  5 Bahan Alami Ini Dapat Membantu Memperlancar ASI

Bahkan dalam dunia Metaverse, pengguna dapat melakukan bisnis didalamnya.

KELEMAHAN

Adapun kelemahan dari Metaverse itu sendiri menurut rangkuman tim KITATAHU,

1. Pelecehan

Besar peluang didalam dunia metaverse yang dapat melakukan hal yang negatif seperti perlakuan amoral dan tidak mendidik.

Bahkan baru-baru ini ada kabar tentang pelecehan yang dialami oleh seorang wanita saat di Metaverse versi beta tester di platform Virtual Reality (VR) Horizon Worlds milik Meta.

2. Dampak negatif dalam sisi sosial dan psikologi

Baca Juga  Jangan Bawa Hp Ke Toilet, Ini Akibatnya

Dampak sosial yang muncul seperti hilangnya interaksi dengan sesama di dunia nyata. Manusia adalah makhluk sosial yang hidup bersama orang-orang disekitarnya dalam dunia nyata bukan didunia virtual

Dalam psikologi, orang-orang akan kecanduan dengan Metaverse ini karena jangkauannya yang sangat luas dan tidak terbatas. Hal itu dapat mengganggu kesehatan mental pengguna.

3. Perputaran ekonomi di dunia virtual yang tidak relevan

Dengan bertransaksi di dunia Metaverse, tentu menggunakan mata uang digital. Hal ini akan membuat uang fisik kurang terpakai lagi jika perputaran ekonomi lebih dilakukan dalam dunia virtual.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest article

Stres Akibat Perang di Gaza, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri

KITATAHU.ID, Ashkelon - Seorang tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) menembak rekannya sendiri usai mengalami mimpi buruk imbas berperang di Jalur Gaza selama lebih dari...

Mahasiswa Aceh “Usir” Pengungsi Rohingya, Korlap Aksi: Kami Minta Imigrasi Deportasi Mereka

KITATAHU.ID, Aceh - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak pengungsi Rohingya di tanah rencong.  Mulanya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor...

Tantangan Era Digital 5.0

KITATAHU.ID - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membawa perubahan besar dengan begitu cepat dalam...

Prasejarah dan Geografis Terbentuknya Nusantara

KITATAHU.ID - Dahulu Nusantara terbentuk dari dua ujung Superbenua Pangaea di zaman Mesozoikum sekitar 250 juta tahun lalu, namun bagian dari lempeng benua yang...

Ini Alasan Tedong atau Kerbau Lebih Mahal Dibanding Sapi

KITATAHU.ID - Tedong atau lebih umumnya dikenal sebagai Kerbau. Di daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Kerbau dipercaya sebagai kendaraan bagi arwah menuju Puya (akhirat). Maka dari...
- Advertisement -