Sabtu, Mei 25, 2024

Berawal Dari Player Hingga Menjadi Owner Pandora, Herwin Berharap Dapat Memajukan Esports di Makassar

- Advertisement -

BACA JUGA

- Advertisement -

KITATAHU.ID – Dunia esports di tanah air cukup berkembang pesat, terlebih setelah banyaknya atlet esports Indonesia yang sudah merancah dalam kejuaraan Internasional.

Berbanding terbalik dengan olahraga arus utama yang menurun saat pandemi di tahun 2019, dunia esports malah tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

- Advertisement -

Hal ini dikarenakan permainan virtual yang tetap bisa dilakukan meski tidak dalam satu ruangan.

Pada umumnya, banyak tim dan komunitas besar esports Indonesia terpusat di pulau Jawa. Namun bukan berarti di pulau lain tidak memiliki komunitas yang hebat.

- Advertisement -

Pandora Corp adalah salah satu management esports yang berasal dari Makassar.

Baca Juga  3 Tim Filipina Kuasai Mobile Legend World Ranking Teams 2021, Indonesia ?

Jejak historis Pandora dalam dunia esports juga tidak bisa dianggap remeh. Terlebih ketika divisi Mobile Legends dari Pandora berhasil lolos ke MPL Indonesia Season 1.

- Advertisement -

Melalui sebuah acara Talk Show ‘Esports Talk’ bersama Nusa Gaming, Herwin atau lebih dikenal ‘Koh Long’ selaku owner dari Pandora, bercerita awal mula tim ini terbentuk hingga menjadi tim besar di wilayah Indonesia Timur.

Koh Long memulai karirnya dalam dunia esports di tahun 2014 sebagai player Dota bersama teman-teman Dota Makassar lainnya. Hingga pada 2015, Koh Long memutuskan untuk menjadi manager tim tersebut.

Baca Juga  Kode Redeem FF Free Fire Edisi 3 Desember 2021. Klaim Banyak Hadiah Hari Ini

Pandora kemudian berkembang hingga menjadi tim nasional di tahun 2017 lalu meluaskan komunitas esports di Makassar dengan membentuk Pandora Cyber Cafe.

Meski sempat vakum di tahun 2019 karena pandemi, namun di akhir tahun 2020 Pandora kembali bangkit kemudian membentuk Pandora Gaming TV yang tujuannya bukan sekedar streaming tapi juga sebagai agency bagi para content creator esports lainnya.

Pada tahun 2021 terbentuk Pandora Gaming Organizer yang bisa menaungi semua acara terkhusus esports.

“Terakhir (event) yang besar di Mall Pipo diadakan BRI Digital Bazar, kita (Pandora) berhasil menghasilkan kurang lebih 9000 trafik yang keluar masuk pada hari itu. Menggandengkan 2 games yaitu Mobile Legend dan PUBG Mobile,” jelas Koh Long melalui Esport Talk di Warkop Yoen pada Jumat (7/1/2022).

Baca Juga  Kode Redeem FF Free Fire Edisi Jumat 24 Desember 2021

Koh Long juga berbagi pengalaman tentang dunia esports yang dapat masuk dalam berbagai sektor.

“Dan juga kita bisa masuk kedalam UMKM dimana kita bisa memperjual belikan makanan dan minuman segala macam. Jadi dari situ juga kenapa esports bisa masuk kedalam semua sektor bukan hanya game,” tutupnya.

Koh Long berharap bisa membangun ekosistem esports di Indonesia Timur dengan meningkatkan pamor agar dapat menyaingi esports yang ada di Jawa.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest article

Stres Akibat Perang di Gaza, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri

KITATAHU.ID, Ashkelon - Seorang tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) menembak rekannya sendiri usai mengalami mimpi buruk imbas berperang di Jalur Gaza selama lebih dari...

Mahasiswa Aceh “Usir” Pengungsi Rohingya, Korlap Aksi: Kami Minta Imigrasi Deportasi Mereka

KITATAHU.ID, Aceh - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak pengungsi Rohingya di tanah rencong.  Mulanya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor...

Tantangan Era Digital 5.0

KITATAHU.ID - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membawa perubahan besar dengan begitu cepat dalam...

Prasejarah dan Geografis Terbentuknya Nusantara

KITATAHU.ID - Dahulu Nusantara terbentuk dari dua ujung Superbenua Pangaea di zaman Mesozoikum sekitar 250 juta tahun lalu, namun bagian dari lempeng benua yang...

Ini Alasan Tedong atau Kerbau Lebih Mahal Dibanding Sapi

KITATAHU.ID - Tedong atau lebih umumnya dikenal sebagai Kerbau. Di daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Kerbau dipercaya sebagai kendaraan bagi arwah menuju Puya (akhirat). Maka dari...
- Advertisement -