Jumat, Juni 14, 2024

5 Bahan Alami Ini Dapat Membantu Memperlancar ASI

- Advertisement -

BACA JUGA

- Advertisement -

KITATAHU.ID, Jakarta – Bahan-bahan alami yang ditanam di rumah hingga pengobatan alami tradisional sering digunakan sebagai alternatif sebagai pendukung ASI. Beberapa bahan-bahan alami yang tumbuh di rumah juga diketahui memiliki manfaat medis.

Di Indonesia, obat alami untuk memperlancar ASI umumnya diproduksi dengan menggunakan daun dan perasa. Kombinasi rasa yang berbeda biasanya mulai dikonsumsi oleh ibu selama periode pasca kehamilan.

- Advertisement -

Jika kamu khawatir dengan kandungan rempah-rempah atau bahan alami untuk penunjang ASI, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter atau pakar laktasi terlebih dahulu. Lalu, apa saja jenis bahan makanan atau rempah-rempah rumahan yang bisa menjadi penguat ASI?

Baca Juga

1. Jahe

- Advertisement -

(jahe)

Baca Juga  Ini Langkah Mudah Mengurangi Sampah Plastik

Jahe dipercaya memiliki kemampuan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi iritasi pada tubuh, mengurangi rasa mual, dan meningkatkan produksi ASI. Jahe dianggap sebagai galactagogue yang meningkatkan produksi ASI.

Salah satu penelitian pada tahun 2016 bahwa pemanfaatan jahe sebagai salah satu strategi karakteristik untuk memperbanyak ASI pada periode awal pasca kehamilan cukup menjanjikan.

2. Daun Katuk

(daun katuk)

Daun katuk merupakan tumbuhan Indonesia yang memiliki tempat dengan tandan galactagogue yang telah diteliti berkhasiat untuk menyusui. Penggunaan daun katuk tidak boleh sembarangan. Daun katuk baru dapat meningkatkan jumlah produksi ASI saat dikonsumsi dalam jumlah tertentu.

Baca Juga

Manfaat ideal daun katuk untuk memperbanyak produksi ASI mungkin didapat saat dikonsumsi sekitar 200 mg tiga kali sehari. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengolah daun katuk dengan berbagai variasi, meski sulit untuk mencapai porsi yang ideal.

Baca Juga  Waspadai 5 Hal Yang Dapat Membuat Anak Merasa Takut

3. Daun Pepaya

(daun pepaya)

Daun pepaya dapat dijadikan obat alami dalam bentuk jus yang bisa dikonsumsi saat menyusui. Daun pepaya juga mengandung galactagogue alami.

Selain itu, kandungan fitokimia dalam daun pepaya juga memiliki efek laktogenik. Fitokimia ini mengandung sesamin, limonin, trifoliol, quercetinkaemferol, yang dapat mengaktifkan reseptor prolaktin untuk membantu proses produksi ASI.

Dengan mengkonsumsi daun pepaya juga dapat meningkatkan kandungan zat gizi vitamin A pada ASI.

4. Biji Adas

(biji adas)

Obat yang ditanam di rumah dari air siraman biji adas dapat dimanfaatkan sebagai ASI booster alami yang khas. Kandungan biji adas ini dapat meningkatkan stok ASI dan mengurangi kolik dan gas pada bayi.

Baca Juga  4 Asupan Nutrisi Yang Sangat Dibutuhkan Tubuh Saat Positif COVID-19

Kamu bisa merendam satu sendok teh biji adas dalam segelas air. Siram air untuk sementara dan nikmati di pagi hari atau campur seperti membuat teh.

5. Kunyit

(kunyit)

Kandungan kunyit sebagai obat alami dikatakan bermanfaat untuk ibu menyusui. Kunyit dipandang sebagai galactagogue yang dapat meningkatkan produksi susu. Namun hal ini belum dibuktikan secara ilmiah dan tidak ada informasi yang menunjukkan batas konsumsi yang aman selama menyusui.

Secara umum, minum kunyit alami dapat bermanfaat untuk kekebalan dan kesehatan terkait perut. Namun demikian, penggunaan kunyit alami seharusnya tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan efek gastrointestinal, seperti mual, buang air besar, dan alergi.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Latest article

Stres Akibat Perang di Gaza, Tentara Israel Tembaki Rekan Sendiri

KITATAHU.ID, Ashkelon - Seorang tentara pasukan pertahanan Israel (IDF) menembak rekannya sendiri usai mengalami mimpi buruk imbas berperang di Jalur Gaza selama lebih dari...

Mahasiswa Aceh “Usir” Pengungsi Rohingya, Korlap Aksi: Kami Minta Imigrasi Deportasi Mereka

KITATAHU.ID, Aceh - Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Aceh melakukan aksi menolak pengungsi Rohingya di tanah rencong.  Mulanya, mahasiswa berunjuk rasa di Kantor...

Tantangan Era Digital 5.0

KITATAHU.ID - Kemajuan teknologi terus berkembang pesat dari waktu ke waktu. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi telah membawa perubahan besar dengan begitu cepat dalam...

Prasejarah dan Geografis Terbentuknya Nusantara

KITATAHU.ID - Dahulu Nusantara terbentuk dari dua ujung Superbenua Pangaea di zaman Mesozoikum sekitar 250 juta tahun lalu, namun bagian dari lempeng benua yang...

Ini Alasan Tedong atau Kerbau Lebih Mahal Dibanding Sapi

KITATAHU.ID - Tedong atau lebih umumnya dikenal sebagai Kerbau. Di daerah Toraja, Sulawesi Selatan, Kerbau dipercaya sebagai kendaraan bagi arwah menuju Puya (akhirat). Maka dari...
- Advertisement -

Table of Contents

Index